Senin, 29 Maret 2010

PERSAHABATAN ALA TOM N' JERRY


Dalam dunia percintaan anak manusia, banyak dikenal berbagai icon. Ada yang bilang cinta itu Valentin, atau Romeo and Juliet, ada juga yang bilang Qais dan Laila, Radith dan Jani, galih dan Ratna Bulan dan Bintang, mickey dan Minnie mouse sampe…..Pocong dan Kunti... (beberapa anak langsung bersorak heran, “kok pocong sama Kunti, sih???”) eh, belom pada tau ya? Di infotainment lagi hot-hotnya gossip Pocong selingkuh sama Kuntilanak, trus si manis jembatan ancol katanya juga lagi minta cerai dari si pocong. Ga’ tau deh, endingnya ntar tu’ pocong bakal milih yang mana.

Balik lagi ke icon cinta, yah,,,intinya banyak banget perumpamaan yang bisa dipake kalo lagi ngomongin ‘cinta’, dari yang lebay sampe yang tragis banget kayak Jack dan Rose (titanic.red). Tapi kalo ngomongin persahabatan? Icon yang terkenal bisa dibilang masih keitung jarang. Paling juga Winnie the Pooh ‘en friend. Terus siapa lagi yah….???? (beberapa orang nyeletuk, “lascar pelangi”, ada lagi yang nyeletuk “mengejar Matahari”……) yah, dua film itu, dan banyak film lain emang nyeritain tentang persahabatan, tapi nama tokoh pemainnya ga’ bisa lebih terkenal kayak film radith dan Jani, apalagi Galih dan Ratna yang jadi Rome-Juliet versi Indonesia, makanya blum bisa dijadiin icon.

‘Ntah inspirasi dari mana, atau wangsit dari mana (secara ga’ lagi bertapa di dalem gua), tiba-tiba aja gua keinget film yang dari kecil mpe’ gua gede ga’ tamat-tamat, Tom & Jerry. Siapa sih ga’ kenal dua tokoh ini?! Kalo ga’ kenal berarti di rumahnya ga’ pernah punya TV tuh…(beberapa komentator langsung kompak menggelengkan kepala sambil bergumam lirih… “kasian……!!!”)

Banyak orang yang mengkategorikan Tom & Jerry kedalam icon pertarungan atau permusuhan. Tapi gua ga’ setuju tuh…. Emang sih, inti cerita mereka adalah Tom yang terus-terusan ngejer si tikus nakal buat jadi santapan lezat. Keliatan simple, tapi gua liat ada makna lain dibaliknya yang pengen ditunjukin si pencerita. Yaitu persahabatan. (beberapa orang yang lagi ga’ ada kerjaan, sambil ngupil komentar, “dari mana persahabatannya???”)

Sekilas emang kentara banget permusuhan mereka, tapi kalian pernah liat kan, beberapa episode yang nyeritain mereka saling ngebelain waktu salah satu dari merka terancam bahaya atau kalo si Tom lagi diusir dari rumah….. yah, itu berarti kalo sebenernya dalam hati mereka, ada rasa butuh satu sama lain. (seorang cewek setengah ngantuk nyeletuk sekenanya, “emang kucing sama tikus punya perasaan yah…??)

Kronologisnya gini…..mula-mula emang ada masalah yang bisa bikin orang-orang jadi berantem, tapi gara-gara keseringan berantem akhirnya itu jadi sebuah kebiasaan, lama-lama tanpa mereka sadar, mereka ngebutuhin musuhnya itu, paling ga’ Cuma buat temen berantem. Tapi kalo si musuh ga’ ada….wah,,,keindahan dunia rasanya jadi kurang deh….. nah kalo kondisinya udah saling ngebutuhin gitu…apa bedanya sama ‘persahabatan’….Cuma beda kemasannya doang. Kalo persahabatan biasa, dibungkusnya pake kertas kado warna pink dengan motif lope-lope’, nah kalo perhabatan kayak Tom ‘n Jerry gitu, dibungkusnya pake kertas warna item motif kotak-kotak polos…

Gua ibaratin hubungan kayak gitu dengan permen mint isi coklat, ( “eh….ga’ usah nyebutin merek… !!!”) rasa mint emang pasti pedes banget, ga’ semua orang suka, tapi di dalem permen yang rasanya panas itu ada coklat lumer yang rasanya manis…… banget!! Wah….rasa pedes permen mint udah ga’ kerasa lagi ketutupin enaknya coklat. Nah, gitu juga persahabatan yang dibungkus sama permusuhan. Keliatannya sih ga’ ada bagus-bagusnya… tapi sebenernya dalam hati masing-masing ada sepotong rasa sayang. Bener ga??

Jadi…intinya….persahabatan ga’ harus selalu sok romantic kayak Winnie the pooh ‘n fren, atau sok kompak kayak lintang dan kawan-kawan di Laskar Pelangi… dengan sok musuhan juga ternyata bisa ngebentuk sebuah persahabatan yang indah kayak Tom ‘n Jerry…. Kalo orang sunda bilang sih,,, “awet rajet!!!” yang paling penting dalam persahabatan, ada rasa ‘butuh’ ‘n ‘saling melengkapi’, selebihnya gimana aja…….!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar